Fenomena Ojek Online, Dapatkah Membuat Anda Menjadi Jutawan?

gojekDewasa ini hidup serba dikuasai teknologi. Dimulai dari kecanduan pada Air Conditioner (AC), Smartphone, dan yang sedang booming akhir-akhir ini di masyarakat Indonesia, yaitu ojek online. Ya, seperti namanya, ojek online adalah jasa untuk mengantar seseorang untuk sampai di tempat tujuan. Yang membedakan ojek online dengan ojek konvensional, hanyalah cara memesannya, ojek online dipesan melalui aplikasi di smartphone. Tinggal klik, lalu cus dijemput oleh armada ojek online.

Untuk jumlah penumpang yang dapat diangkut setiap harinya pun akan jauh lebih banyak ojek onlina daripada ojek konvensional. Hal ini dikarenakan ojek online tidak ada tempat mangkal, maka driver ojek online bisa mengangkut penumpang di mana pun mereka mau. Tidak dibatasi oleh satu tempat saja. Untuk penumpang sendiri terdapat keuntungan tertentu karena dapat melihat profil dan rating si pengendara sebelum memesan ojek online. Jika Anda memiliki feeling yang buruk karena rating yang jelek si driver, maka Anda dapat membatalkan pesanan.

Dewasa ini, kita kenal tiga jasa penyedia ojek online terbesar di Indonesia, khususnya Jakarta, yaitu Go-Jek, Grab, dan Uber. Go-Jek adalah pioneer pada ihwal ini, karena dialah yang pertama kali merintis ojek online yang kemudian menjadi viral di mana-mana. Go-Jek juga memiliki armada paling banyak daripada kedua pesaingnya. Di samping itu, jenis layanan ojek online ini meliputi Go-Food, jasa pembelian makanan melalui armada Go-Jek, Go-Massage, jasa penyedia pijat, Go-Box jasa penyedia mobil box, dan Go-Car jasa penyedia mobil. Dibanding dua kompetitornya, ditengarai Go-Jek lebih banyak memberikan kesejahteraan bagi para pengendaranya, tentu pundi-pundi emas yang didapatnya akan lebih cepat didapatkan dan lebih banyak daripada dua kompetitor lain. Akhir-akhir ini Go-Jek juga memiliko program Kembali ke Merah-Putih. Program ini adalah untuk “merayu” driver ojek online Grab Bike dan Uber untuk bergabung bersama Go-Jek. Mereka pun diberi kemudahan dalam bergabung bersama Go-Jek dengan menukarkan jaket Grab dan Uber dengan Go-Jek. Dirver yang ingin bergabung pun akan diberi top-up sampai ratusan ribu rupiah. Namun, syarat utama bagi Anda yang ingin bergabung bersama Go-Jek adalah bersedia bekerja sepenuh waktu sebagai driver ojek online.

Lalu di urutan kedua penyedia jasa transportasi online adalah Grab. Ada dua jenis layanan dari Grab yaitu Grab Bike, jasa penyedia ojek online, dan Grab Car, jasa penyedia mobil online. Bagi Anda yang berminat bergabung bersama Grab, Anda harus membayar top-up saldo sekitar Rp 200.000 rupiah. Juga ada biaya untuk jaket dan helm Grab. Bagi Anda yang ketika sudah menjadi Driver Grab Bike maupun Grab Car dan tidak memakai atributnya, siap-siap terkena sanksi. Jadi, selalu taati peraturan ya.

Di posisi ketiga ditempati oleh layanan aplikasi ojek online asal Perancis, yaitu Uber. Tidak seperti Go-Jek dan Grab yang mewajibkan drivernya untuk memakai jaket dan helm perusahaan masing-masing, Uber tidak mengharuskan hal ini. Driver Uber pun bebas untuk menetukan kapan ia “narik” dan kapan ia beristirahat. Juga ketika mendaftar Uber tidak perlu untuk test safety drive dan tes bau badan yang diadakan oleh Go-Jek dan Grab. Mendaftar Uber layaknya mendaftar Facebook, tinggal mengisi form di internet, upload Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Anda bisa menambah penghasilan dengan cepat melalui Uber. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah biaya perjalanan Uber adalah yang paling murah daripada dua kompetitornya.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai driver sepenuh waktu, kami sarankan Anda mendaftar sebagai driver Go-Jek. Karena selain tarifnya paling tinggi di antara dua yang lain, jenis layanan Go-Jek juga paling banyak. Namun, apabila Anda ingin mendaptkan penghasilan tambahan melalui ojek online tapi Anda masih berstatus karyawan di suatu perusahaan maka daftarlah Grab. Dan apabila Anda hanya ingin mendapatkan uang dengan cepat untuk saat-saat tertentu saja, kami sarankan Anda mendaftar Uber.

Tetapi apabila anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup bombastis, maka Anda tidak disarankan untuk menjadi driver go-jek ataupun grap. Mungkin solusi yang tepat adalah menjadi seorang investor lalu memulai melakukan investasi kecil-kecilan seperti apa yang dikatakan oleh lori-michaels productions.

Untuk mendapatkan kekayaan secara cepat maka dibutuhkan kerja keras dan kesabaran ekstra untuk meraihnya. Tak terlepas jika Anda memilih pendapatan menjadi ojek online ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa rider (penumpang) yang memeperlakukan seorang driver sebagai mesin saja, alih-alih manusia. Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran ekstra dan pantang menyerah agar mendapat penghasilan secara cepat.